Home » » SMK Negeri 2 Sinjai Utara Fokus Agrobisnis

SMK Negeri 2 Sinjai Utara Fokus Agrobisnis

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2, satu-satunya sekolah kejuruan di Kabupaten Sinjai
memiliki lima jurusan. Jurusan itu, di antaranya agrobisnis, antara lain agrobisnis pertanian, tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan,serta agrobisnis peternakan, dan multimedia.


Sekolah yang terletak di Jalan Andi Mandasini, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara ini dalam proses belajar mengajarnya lebih mengedepankan praktek.

Kepala SMK Negeri 2 Sinjai Utara, Drs Kanja B, MM, menjelaskan, sekolahnya sekitar 70 persen dalam proses belajar mengajarkan menerapkan sistem praktek."Sebagian besar dalam proses belajar mengajar di sekolah ini, yaitu praktek,"jelasnya.

Penerapan praktek itu, untuk membandingkan teori tentang agrobisnis pertanian, tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan, serta agrobisnis peternakan, dan multimedia. Selain itu, kata Kepala SMK Negeri 2 Sinjai Utara ini, untuk memberikan pemahaman dalam proses budidaya dan mengetahui secara detail antara teori yang diterima siswa dengan keadaan yang sebenarnya.

Salah satu praktek yang harus diikuti siswa di sekolah ini, yaitu Praktek Kerja Industri (Prakerin) di sejumlah kabupaten yang menjadi lokasi budidaya pertanian, perkebunan, dan peternakan serta
perikanan.

Dia menjelaskan, untuk perkebunan tebu para siswa melakukan praktek di Kabupaten Bone di Pabrik Gula Camming dan Arasoe, sedangkan untuk perkebunan melakukan praktek di perkebunan karet yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Sementara itu, untuk praktek hortikulturanya di Kabupaten Gowa, sedangkan paktek di bidang peternakan di Kabupaten Sidrap.

Menurut dia, lahan praktek untuk perkebunan dan pertanian di sekolah ini masih menggunakan lahan pinjaman sementara yang berada di samping sekolah yang luasnya sekitar setengah hektar.
Selain tempat praktek yang berada di samping sekolah, juga dilakukan kerjasama dengan kelompok tani, tani, dan kelompol peternakan di daerah ini.

Salah seorang guru di SMK Negeri 2 Sinjai Utara, Roswati Rahman, menjelaskan, lahan praktek bertujuan untuk memberikan pemahaman proses pembudidayaan sejumlah tanaman. Di bidang perkebunan di sekolah ini, jelas dia, membibitkan lada dan cengkih. Pembibitan itu, merupakan hasil ujian komptensi, di mana
hasilnya dapat pula dipasarkan atau di jual kepada masyarakat.

Gurunya Sebagian Bertitel S2

Nah, di sekolah yang terletak di jalan Jalan Andi Mandasini ini, diresmikan 2004 lalu, dan sudah dua kepala sekolah yang pernah menjabat. Bahkan, sudah ada sebagian dari guru yang mengejar bertitel S2.

Kepala SMK Negeri 2 Sinjai Utara Kanja B menjelaskan, guru di sekolah yang dipimpinnya sudah banyak yang bertitel S2. Dia merinci 32 guru berstatus PNS dan 30 lebih guru sukarela, dan 8 di antaranya sudah
berpredikat S2. Sedangkan 4 guru sedang dalam tahap penyelesain S2 nya.


Siswanya Aktif di Kegiatan Ekstra

Siswa di sekolah ini rata-rata memiliki nilai memuaskan dan aktif di sejumlah kegiatan ekstrakurikuler, antara lain kepramukaan, Palang Merah, pecinta alam, dan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler lainnya."Out put siswa di sekolah ini diharapkan dapat bersaing dengan sekolah yang ada di Sinjai,"jelasnya, Kanja B.

Dia menjelaskan, siswanya kerap mengikuti sejumlah lomba, baik di tingkat kabupaten, seperti PMR. Pramuka. Bahkan, pada 2009 lalu siswa di sekolah ini mewakili Sulsel dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS) di tingkat pusat.

Ketua Osis SMK Negeri 2 Sinjai Utara, Fathudin mengatakan, sejumlah kegiatan ekstra yang ada di sekolahnya dapat menambah pengalaman dirinya sebagai siswa di sekolah ini.

Hal senada diungkapkan, Wakil Ketua Osis SMK Negeri 2 Sinjai Utara, Rudi Haryanto, mengatakan selain kegiatan ekstra, berbagai praktek di bidang agrobisnis dapat menambah pemahaman siswa di berbagai sektor agrobisnis.

Salah seorang pentolan Siswa Pecinta Alam (Sispala) Naluri, Nenny, mengatakan Sispala Naluri di sekolahnya sudah ada sejak 2011, bahkan sudah ada empat angkatan, yaitu angkatan pendiri, angkatan p ertamahingga ketiga Sispala ini, kata dia,melakukan aktif mengikuti sejumlah kegiatan, di
antaranya lintas alam, panjat tebing, dan penghijauan.




Share this article :

Artikel Populer

.

.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SINJAI BERSATU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger